Rabu, 23 Maret 2011

Kreatif Itu Unik

Terkadang menjadi momok bagi sebagian orang karena bingung memilih bisnis apa yang cocok dan berprospek ke depannya. Terlebih lagi masalah modal dan kemampuan keterampilan masih sering menjadi kendala.Namun jika jeli, maraknya kebutuhan perusahaan untuk produk promo cetak yang dikemas dalam beberapa media seperti cangkir, kaos, pin dan lain-lain, mungkin bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis.

Industri digital printing atau cetak digital dari tahun ke tahun semakin menunjukkan eksistensinya dan semakin digemari masyarakat. Industri ini bisa eksis karena merupakan jenis bisnis yang fleksibel dan bersifat kreatif. Jika dahulu orang hanya mengenal digital printing hanya untuk cetak spanduk, baliho atau sticker tapi sekarang digital printing mulai merambah ke industri kreatif seperti kaos, tas, mug, souvenir dan sebagainya.

Sebagai Pemilik Percetakan Produk Produk digitalnya Oblong Digital di daerah jogjakarta Bpk Ronita selama ini sudah membuktikan bahwa digital printing bisa menjadi industri kreatif sehingga produk-produk digitalnya mampu bersaing di pasaran. Mungkin banyak dari kita masih belum paham apa sebenarnya industri kreatif, industri kreatif adalah industri yang berbasis pada kreatifitas sehingga produk yang dihasilkan berisfat unik dan memiliki ciri khas tertentu sehingga memiliki nilai jual yang lebih.
Contohnya, jika selama ini kita hanya menggunakan bahan frontlite/mmt hanya untuk cetak spanduk maka dengan sedikit sentuhan kreatifitas kita bisa membuatnya menjadi tas, atap tenda, wallpaper dan sebagainya. Tentunya harga tas atau produk kreatif tersebut akan lebih mahal dibandingkan harga jual spanduk. Hal-hal yang berbau kratif itulah yang harus kita tambahkan ke produk-produk digital kita sehingga usaha digital printing kita bisa bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat.

Selama ini Ronita mencoba menerapkannya dan Alhamdulillah hal itu berhasil, saat ini RONIta juga terus mengembangkan agar lebih kreatif lagi. Selain itu RonIta juga menjual mesin digital berkualitas dan memberikan TRAINING USAHA GRATIS dan (jika anda membeli mesin di kami) untuk membuat produk-produk kreatif berbasis digital printing.
Silakan anda perhatikan gambar-gambar di atas, photo-photo tersebut menunjukkan bahwa dengan digital printing kita dapat membuat berbagai produk kreatif yang sangat layak dijual dan memiliki harga stabil. Dengan membawa perusahaan digital printing kita ke arah kreatif maka kita akan terhindar dari perang harga yang sudah sangat tidak sehat. Jika kita amati saat ini perang harga cetak spanduk sudah sangat tidak sehat sehingga kita terpancing untuk mengikutinya dengan membeli mesin yang tidak berkualitas, padahal kalo kita mau memikirkannya hal tersebut akan sia-sia karena mesin yang tidak berkualitas tidak bisa berbuat banyak.

Jadi bahwa dengan bekal yang baik, kita bisa memulai bisnis digital atau mengembangkan bisnis digital dengan lebih baik dan tidak terjebak pada euforia perang harga…terkadang ketika buka digital printing hanya “bagaimana bisa kasih harga murah” yang terlintas di kepala sehingga nanti jika ada yang lebih murah kita akan panik..panik dan panik….dengan kreatif maka kita bisa berbuat hal yang lebih dari sekedar perang harga dan anda akan tetap bisa merasakan manisnya bisnis digital printing sebagai INDUSTRI KREATIF.


Kesimpulan,

Dari ulasan diatas bahwa usaha yang dikelola milik Bpk Ronita itu disebut Usaha Industri Kreatif yang masuk dalam klasifikasi industri kreatif sendiri, dibagi menjadi 14 jenis yang meliputi periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, film-video-fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, radio dan televisi, serta riset dan pengembangan.

0 komentar:

Posting Komentar